Panitia Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) FAKSHI adakan Rapat Perdana

 

            (16/03/2021) Salah satu tahapan penyelesaian studi yang harus dipenuhi seluruh mahasiswa yaitu mengikuti Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) dalam rangka pengejawantahan teori yang selama ini dipelajari dalam kelas perkuliahan dan sebagai studi perbandingan bagi mahasiswa hukum antara das sein  (apa yang terjadi) dan das sollen (apa yang seharusnya). Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (FAKSHI) telah menjadikan kegiatan PPL sebagai agenda rutin yang dilaksanakan dua kali dalam setahun yaitu pada semester ganjil dan semester genap.

            Rapat panitia pelaksanaan PPL semester genap 2021 perdana dilaksanakan hari ini (16 Maret 2021) di Meeting Room Fakshi. Rapat tersebut dibuka langsung oleh Ketua Panitia Hj. Sunuwati, Lc.,M.HI., turut hadir dalam rapat tersebut Dekan Fakshi Dr. Hj. Rusdaya Basri,M.Ag., Sekretaris panitia Azlan Thamrin, S.H.,M.H., dan anggota diantaranya Dr. Hj. Saidah,S.HI.,M.H.,dan  Rustam M.Pikahulan,M.H.,.

             Beberapa agenda yang disepakati dalam rapat tersebut berkaitan dengan Pedoman PPL sebagai acuan pelaksanaan, jumlah peserta PPL, waktu pelaksanaan, dan lokasi pelaksanaan yang disesuikan dengan masing-masing program studi, misalnya prodi HPI rencana lokasi di Pengadilan Negeri dan Lembaga Pemasyarakatan, prodi HTN di Kantor DPRD, Prodi HKI di Pengadilan Agama dan Kantor Kementerian Agama, serta Prodi HES di Lembaga-lembaga keuangan Syariah dan Pengadilan Agama.

         Dekan Fakshi Dr. Hj. Rusdaya Basri, Lc.,M.Ag., dalam arahannya menyampaikan beberapa hal terkait persiapan pelaksanaan kegiatan PPL tersebut baik yang bersifat strategis maupun teknis.

"Pelaksanaan kegiatan PPL bagi mahasiswa merupakan upaya untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja, yang hasilnya diharapkan mampu efektif dalam merangsang minsdset kritis sebagai pembelajar yang aktif, mandiri, dan inovatif" Tutur bu Dekan

"Kegiatan ini bukan hanya sebatas magang pada instansi-instansi tertentu, melainkan ada hasil yang diharapkan yaitu adanya penulisan artikel ilmiah dari mahasiswa yang merupakan hasil observasi secara komprehensif di lokasi tersebut, yang nantinya kita akan publikasikan baik dalam bentuk Jurnal maupun Buku" Lanjut bu Dekan (da)       


                   

0 Comments